Self Love quotes
Lifestyle

Self Love Bisa Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Kita sudah sering menyebut istilah self care di artikel-artikel sebelumnya. Sekarang kita bahas kembarannya self-care, yuk. Siapa itu? Yak, bener banget, jawabannya adalah self love.

Apa perbedaan self-care dan self-love? Bagaimana cara melakukannya? Mengapa self-love bisa meningkatkan rasa percaya diri? Itu semua akan kita bahas dalam artikel ini. Simak terus sampai habis, ya!

1. Self-care dan Self-love, kembar namun tak sama

Self love bersama dengan saudara
Kembar bukan berarti sama (Sumber: Pixabay.com)

Self-care adalah kegiatan yang dilakukan untuk merawat diri baik fisik dan mental. Sementara, self-love adalah tindakan berbaik hati kepada dirimu sendiri. Untuk lebih mudahnya, mari kita pakai perumpamaan. Umpama kamu memiliki seekor peliharaan, kamu akan merawat peliharaan tersebut, memberinya asupan gizi yang baik, grooming, dan bermain bersamanya. Itu semua adalah bentuk dari careLove berarti kamu menyayangi peliharaanmu. Kamu menerima peliharaanmu apa adanya dan tetap menyayanginya terlepas dari semua kelakuan menyebalkan yang sering kali ditunjukannya.

Mari kembali kepada pembahasan utama. Kalau kamu menjaga kebersihan diri dan lingkunganmu, menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga, memperhatikan kesehatan mentalmu, dan masih banyak lagi kegiatan lainnya. Itu berarti kamu sudah melakukan self-care kepada dirimu sendiri. Untuk lebih jelas mengenai kegiatan apa saja yang dapat dilakukan untuk self-care, kamu bisa baca artikel ini, ya. 

Self-love dapat dicapai dengan cara menerima dirimu apa adanya, tidak melakukan sesuatu yang membuat dirimu sedih atau merasa tidak nyaman, dan lain-lain. Lebih lanjut mengenai apa yang bisa dilakukan untuk menerapkan self-love akan kita bahas di pertanyaan kedua yang ada di artikel ini yaitu: “Bagaimana cara melakukan self-love?”

2. Kegiatan untuk berlatih mencintai diri sendiri

meditasi untuk berlatih self love
Meditasi baik untuk melatih Self Love (Pixabay.com)

Pernahkah kamu melihat orang-orang sukses di luar sana? Mereka terlihat begitu tenang dan bahagia. Mereka terlihat nyaman dengan diri mereka sendiri. Energi positif seperti terpancar kemanapun mereka pergi. It’s so dazzling and pleasant to see.

Ya, ternyata itulah yang terjadi jika kita sudah dapat menerima dan mencintai diri kita apa adanya. Tidak hanya diri kita yang merasakan radiasi positifnya. Tetapi orang lain juga dapat merasakan itu. Kamu pasti penasaran bagaimana cara mereka dapat menjadi seperti itu. Apa yang mereka lakukan untuk mendapatkan radiasi energi positif yang seperti itu, memancar kepada semua orang di sekelilingnya.

Aku pun sama penasarannya dengan teman-teman. Setelah menelusuri ‘Mbah Google’ aku mendapatkan beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk dapat memiliki good vibe dan nyaman dengan diri sendiri. Ternyata kuncinya hanya dua yaitu jujur dan percaya pada kemampuan diri sendiri. Jujur pada apa yang kamu rasakan. Berbaik hatilah kepada dirimu sendiri. 

Jika kamu merasakan suatu emosi baik negatif ataupun positif, akuilah perasaan tersebut. Terutama emosi negatif seperti marah, sedih, atau kecewa. Sering kali kita mengabaikan perasaan negatif yang kita rasakan dan tidak ingin menunjukkannya kepada orang lain. Akhirnya perasaan itu hanya akan menumpuk di dalam diri dan suatu saat akan menjadi beban untuk diri kita sendiri.

Semua perasaan itu valid dan perlu untuk diakui

Akuilah perasaanmu terlebih dahulu. Kalau kamu sudah mengakui perasaanmu dan merasa bahwa kamu tidak perlu menunjukkan perasaan tersebut dan memutuskan untuk let it go. Then it’s okay to let it go. Tapi jika setelah kamu mengakui perasaan tersebut dan merasa perlu untuk menyampaikannya, jangan ragu untuk membicarakannya dengan mereka yang membuatmu merasakan emosi tersebut. Gunakan cara dan komunikasi yang baik sehingga pesanmu dapat tersampaikan dengan baik. 

Kita semua pasti pernah merasakan emosi negatif. Itu adalah hal yang wajar dan valid. Hanya bagaimana cara kita menangani emosi negatif itulah yang perlu kita perhatikan. Hal ini juga berlaku untuk emosi positif, ya. Jangan ragu untuk menunjukkan emosi positifmu kepada orang-orang di sekitarmu. Ingat, tidak boleh dipendam!

Dengan berlatih jujur kepada dirimu sendiri maka kamu akan semakin peka terhadap semua perasaan yang muncul. Jika kamu merasa ada sesuatu yang mengganggumu dan membuatmu merasa tidak nyaman, komunikasikanlah hal tersebut. Misalkan kamu merasa tidak nyaman untuk membicarakan suatu topik dengan teman atau rekanmu. Sampaikanlah perasaan keberatanmu untuk membicarakan hal tersebut secara baik-baik dan berikan penjelasan mengapa kamu keberatan agar lawan bicaramu mengerti. Oleh karena itu, kita juga perlu belajar bagaimana cara menyampaikan keberatan agar tidak menyakiti hati lawan bicara.

3. Self love dapat tingkatkan rasa percaya diri

Pancaran energi positif (Sumber: Ashes Theme)

Seperti yang sudah dibahas di atas, self-love dapat membuat diri kita merasa nyaman dengan diri kita sendiri. Perasaan nyaman dan bahagia itu akan membuat tubuh kita terasas lebih ringan dan kita pun dapat melakukan segala sesuatu dengan nyaman pula. Dengan berlaku baik kepada diri kita sendiri, maka kita pun akan dapat mememberikan lebih banyak kebaikan kepada orang-orang di sekitar kita. Orang-orang pun akan merasa lebih nyaman berada di dekat kita karena kita memancarkan good vibe dari dalam diri kita. Semua hal itu tentu akan membuat kita merasa diterima dan perlahan rasa percaya diri kita pun membaik.

Perjalanan untuk melakukan self-love memang tidaklah mudah. Jika di tengah jalan kita melakukan suatu hal yang membuat diri kita merasa tidak nyaman. Tidak apa-apa. Maafkanlah diri kita atas hal tersebut dan kembali mencoba untuk mempraktekan self-love. Jangan menyerah untuk berlatih mencintai dan menerima dirimu sendiri. Aku pun sama. Masih belajar untuk dapat mencintai dan menerima diri lebih baik lagi. Yuk, kita sama-sama berprogres untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Jangan ragu untuk sampaikan pendapatmu di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya! Babai!

Bagikan Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published.