Cover artikel hari ayah nasional
Catatan Kecil

Hari Ayah Nasional Beda Tanggal dengan Hari Ayah Sedunia

Tahukah kamu? Ternyata hari ayah nasional yang dirayakan di Indonesia berbeda tanggal dengan hari ayah sedunia, loh. Hari ayah di Indonesia jatuh pada tanggal 12 November sementara hari ayah sedunia dirayakan setiap tanggal 20 Juni.

Perbedaan ini terjadi tentunya karena perbedaan penyebab dan sejarah yang ada. Penasaran? Simak terus artikelnya sampai habis, ya!

Sejarah Hari Ayah Sedunia

memperingati hari ayah nasional
Bentuk penghargaan untuk ayah. (Sumber: Pixabay.com/inthepicture)

Hari ayah pertama kali dirayakan di Amerika Serikat pada tahun 1910. Perayaan hari ayah ini diprakarsai oleh Soonara Smart Dodd. Soonara dan kelima saudaranya dibesarkan oleh seorang ayah yang merupakan civil war veteran, Willian Jackson Smart. Melihat dedikasi sang ayah untuk keluarganya, Soonara ingin mengadakan hari penghargaan untuk seorang ayah yang setara dengan hari ibu.

Awalnya Soonara ingin agar hari ayah dirayakan pada tanggal 5 Juni. Tetapi karena rentang waktu yang tidak memungkinkan, akhirnya hari ayah dirayakan pada hari minggu ketiga pada bulan juli tahun 1910.

Pada saat itu, perayaan hari ayah masih belum diakui secara resmi oleh negara. Sampai pada akhirnya pada tahun 1972, Presiden Richard Nixon menjadikan hari ayah sebagai hari libur nasional.

Hari ayah yang dilaksanakan pada hari minggu ketiga bulan Juni ini kemudian mulai diikuti oleh India. Negara-negara lain juga mulai ikut merayakan hari ayah tetapi di tanggal yang berbeda.

Di negara eropa yang mayoritas warganya beragama Katolik seperti Portugis, Spanyol, Kroasia, dan Italia merayakan hari ayah pada tanggal 19 Maret. Tanggal ini juga dikenal sebagai Hari St. Joseph (St. Joseph’s Day).

Hari ayah di Norwegia, Finlandia, dan Swedia dilaksanakan pada hari minggu kedua bulan November. Sementara itu, Selandia Baru, Fiji, dan Papua Nugini merayakannya pada hari minggu pertama bulan September.

Satu lagi yang paling menarik adalah hari ayah di Taiwan. Masyarakat Taiwan merayakan hari ayah setiap tanggal 8 Agustus. Hal ini karena dalam bahasa mandarin angka 8 disebut dengan “ba” yang cara pengucapannya mirip dengan “pa”. Agustus adalah bulan kedelapan. Jadi jika keduanya disatukan akan terdengar seperti menyebut ayah/papa.

Sejarah Hari Ayah Nasional di Indonesia

Memperingati hari ayah nasional
Hari Ayah Nasional (Sumber (Pixabay.com/evgenit)

Hari ayah nasional di Indonesia pertama kali digagas oleh paguyuban Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) pada tahun 2014. Saat itu PPIP menyelenggarakan sayembara menulis surat untuk ibu guna memperingati hari ibu di Kota Solo. Setelah sayembara selesai, ternyata banyak peserta yang menanyakan mengenai kapan PPIP akan mengadakan sayembara serupa untuk hari ayah.

PPIP mencari informasi mengenai kapan hari ayah nasional dilaksanakan sampai menanyakan kepada DPRD Kota Surakarta. Tetapi tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Akhirnya PPIP mendeklarasikan tanggal 12 November sebagai hari ayah nasional yang bersamaan dengan hari kesehatan nasional. Semboyan hari ayah yang digaungkan saat itu adalah “Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya”. Aksi ini pun diikuti oleh beberapa daerah di Indonesia seperti Maumere, Flores, dan NTT.

PPIP juga mengirimkan buku “Kenangan untuk Ayah” dan piagam deklarasi Hari Ayah kepada Presiden RI yang menjabat saat itu. Oleh karena itu, tanggal 12 November ditetapkan sebagai Hari Ayah Nasional di Indonesia.

Ternyata tidak hanya Indonesia yang memiliki tanggal yang berbeda dengan hari ayah sedunia. Beberapa negara lain juga memiliki tanggal yang berbeda dalam merayakan hari ayah. Tentu hal ini dilatarbelakangi oleh alasan dan sejarah yang berbeda-beda pula.

Hari ayah sudah dekat. Kamu sudah menyiapkan kata-kata mutiara untuk diucapkan ke ayahmu belum? Kalau belum, kamu bisa cek artikel ini untuk inspirasi ucapan di hari ayah, ya!

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.