pemanasan global menyebabkan kenaikan permukaan air laut dan memicu banjir rob.
Catatan Kecil

Dampak Pemanasan Global Hingga Intaian Banjir ROB di Wilayah Pesisir

Dampak pemanasan global sudah menjadi perhatian dunia sejak lama. Bahkan terdapat perjanjian internasional yang dibuat khusus untuk menanganinya. Perjanjian internasional tersebut adalah Perjanjian Paris. Perjanjian ini mengikat seluruh negara yang menandatanganinya untuk turut serta menekan laju pemanasan global menjadi di bawah 2 derajat celcius. Keberadaan perjanjian internasional ini menunjukan betapa seriusnya isu pemanasan global yang terjadi.

Sebagai negara yang memiliki banyak garis pantai, Indonesia patut merasa prihatin dengan fenomena peningkatan air permukaan laut akibat melelehnya es di kedua kutub bumi. Hal ini merupakan salah satu dampak dari pemanasan global yang sedang terjadi. Jika hal ini terus berlanjut maka intaian banjir rob akan terasa semakin nyata bagi beberapa daerah di Indonesia yang berbatasan langsung dengan laut.

Intaian banjir rob ini semakin jelas terlihat dalam video yang dipublikasikan oleh kanal YouTube Watchdoc Documentary. Dokumentasi tersebut memperlihatkan bagaimana kenaikan permukaan air laut sedikit demi sedikit merendam wilayah pemukiman warga pesisir. Adapun wilayah-wilayah yang diliput dalam video dokumentasi tersebut yaitu Jakarta, Bekasi, Gresik, Semarang, dan Pekalongan.

Kalau kamu tertarik, videonya bisa diakses melalui link ini, ya!

Apa yang bisa kita lakukan untuk memperlambat laju pemanasan global?

hal kecil untuk mengurangi dampak pemanasan global dan menyelamatkan bumi.
Lindungi bumi mulai dari hal kecil. (Sumber: Pixabay.com/geralt)

Banyak yang dapat kita lakukan untuk menekan laju pemanasan global. Mulailah dari sesuatu yang paling mudah terlebih dahulu yaitu menggunakan tas belanja kain yang dapat digunakan berkali-kali. Biasakanlah untuk selalu menaruh satu tas belanja kain di dalam tas yang akan kita gunakan untuk bepergian. Dengan begitu kita tidak akan membutuhkan tas belanja plastik atau kertas lagi ketika sedang berbelanja atau sekedar mampir ke convenience store untuk jajan.

Dengan menggunakan tas belanja kain yang dapat digunakan berulang kali berarti proses produksi pembuatan kantong belanja plastik dan kertas juga akan berkurang. Ini berarti lebih sedikit asap limbah dan lebih sedikit pohon yang ditebang untuk memproduksi tas belanja kertas sekali pakai.

Selain itu, kita juga bisa menggunakan transportasi umum atau sepeda sebagai moda transportasi sehari-hari. Kalau jaraknya dekat, jalan kaki juga oke banget, loh! Selain berolahraga, kita juga ikut berkontribusi dalam mengurangi emisi karbon yang merupakan salah satu penyebab dari memanasnya atmosfer bumi.

Beberapa aksi kecil tersebut secara tidak langsung dapat berkontribusi terhadap usaha menekan laju pemanasan global, loh!  Jika suhu pemanasan global dapat ditekan dan perlahan mulai membaik, diharapkan proses pencairan es di kedua kutub bumi juga ikut dapat ditekan. Hal ini tentu dapat menyelamatkan daerah-daerah yang sering dilanda banjir rob dari kemungkinan terendam air laut karena permukaan air yang semakin tinggi.

Tentu hal itu juga harus didukung dengan aksi peduli lingkungan. Buanglah sampah pada tempatnya dan kumpulkan sampah yang berserakan ke dalam satu wadah agar tidak semakin memperparah keadaan yang ada. Ingin tahu cara asik mengumpulkan sampah ala masyarakat eropa? Temukan jawabannya di artikel ini, ya!

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.